02.50

PERPUSTAKAAN = KEMAJUAN MASA DEPAN BANGSA

Pemeliharaan Bahan Pustaka
Membersihkan Debu


Salah satu cara pemeliharaan bahan pustaka yang penting adalah menyimpannya pada tempat yang bersih dan bebas dari debu. Apabila bahan pustaka sudah kotor oleh debu, maka harus dibersihkan dengan prosedur yang benar dan dilakukan secara teratur oleh staf yang terlatih agar tidak menimbulkan kerusakan pada bahan pustaka.

Memelihara bahan pustaka dalam kondisi yang bersih akan memberikan dampak yang luas, yaitu bahan pustaka tidak mudah rusak, staf dan pengguna jasa akan senang mengolah dan membaca, serta kesehatan mereka tidak terganggu karena pengaruh debu dan asam.

Kerusakan bahan pustaka yang akan terjadi karena pengaruh debu adalah sebagai berikut:
1.Mengurangi nilai estetika, karena debu akan memperburuk dan mengaburkan informasi pada cetakan, foto dan mikrofilm/mikrofis.

2.Partikel debu akan menimbulkan goresan pada mikrofilm/mikrofis, negarif foto, lukisan dan dokumen berharga lainnya.

3.kertas yang kotor oleh debu akan cenderung menimbulkan noda jika kertas tersebut terkena air dan udara lembab.

4.Kertas, negatif foto, mikrofilm/mikrofis dan lukisan sangat cepat ditumbuhi jamur jika udara disekitarnya dalam keadaan lembab, karena partikel debu dapat bertindak sebagai pemacu. Jamur ini akan menyebabkan kertas menjadi rapuh, timbul noda dan mengaburkan negatif foto dan mikrofilm/mikrofis.

5.Debu akan menyebabkan kertas menjadi asam, asam ini akan menyebabkan kertas menjadi rapuh dan akan merusak lapisan emulsi pada negatif foto dan mikrofilm/mikrofis



Ada dua cara membersihkan bahan pustaka, yaitu cara basah dan cara kering. Cara basah tidak akan dijelaskan, karena pekerjaan ini harus dilakukan oleh staf yang mendapat pendidikan dan pelatihan dalam bidang konservasi.

Membersihkan debu dengan cara kering:

Ada beberapa metode yang dapat dipakai untuk membersihkan debu pada bahan pustaka. Cara yang dipilih harus mempertimbangkan kondisi bahan pustaka, antara lain : kekuatan kertas, kerapian sisi blok buku (terutama sisi kepala buku) atau ketebalan debu yang menempel pada bahan pustaka.

Peralatan yang diperlukan untuk membersihkan debu adalah: kuas, vacuum cleaner, karet penghapus, bubuk penghapus, hand press, masker debu dll.

Langkah-langkah membersihkan debu:

Tahap pertama yang dilakukan adalah membersihkan debu yang mudah lepas dengan vacuum cleaner dan kuas, tahap selanjutnya menggunakan bahan penghapus sampai bahan pustaka tersebut menjadi bersih.

1.Membersihkan debu dengan vacuum cleaner

Vacuum cleaner digunakan untuk membersihkan buku-buku yang ada pada rak. Alat ini dapat menyedot dan mengumpulkan debu sehingga debu todak berterbangan di dalam ruangan. Tidak dianjurkan membersihkan debi dengan sapu bulu ayam (kemoceng) karena dengan cara ini kita bukannya membersihkan debu di atas buku, akan tetapi memindahkan debu ke tempat lain. Pada saat kita membersihkan debu dengan vacuum cleaner, sebaiknya ujung pipa penyedot dibungkus dengan kain kasa sebagai filter untuk menjaga agar fragmen kertas pada buku tidak ikut tersedot.

2.Membersihkan debu dengan kuas

Biasannya debu yang menempel di atas kepala buku tidak dapat dibersihkan secara sempurna denga vacuum cleaner. Hal ini dapat kita buktikan dengan menyetuhkan telunjuk pada kepala buku, biasannya pada telunjuk masih ada debu yang menempel. Untuk membersihkan debu yang masih tertinggal ini digunakan kuas.
Caranya adalah: Blok buku dipegang rapat-rapat dengan tangan kiri dengan pososo punggung buku berada di atas untuk menjaga agar debu tidak masuk ke sela-sela halaman buku, kemudian kepala buku dikuas ke arah bawah. Jika debu sudah masuk ke sela-sela halam buku, maka harus dibersihkan setiap halam tersebut. Untuk dokumen lembaran seperti peta, lukisan, arsip, debu dikuaskan dari arah tengah ke arah tepi dokumen

3.Membersihkan dengan bahan penghapus.

Debu dan kotoran yang sudah menempel kuat pada dokumen dan buku karena sudah terlalu lama dibiarkan, tidak akan dapat dibersihkan dengan kedua cara di atas. Debu dan kotoran tersebut harus dibersihkan dengan penghapus karet atau serbuk penghapus. Caranya buku ditekankuat-kuat dengan tangan kiri pada pinggir meja, kemudian karet penghapus

0 komentar: