03.56

KEGIATAN TEMATIK

Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan suatu kegiatan yang dapat mewujudkan target-target yang meliputi sikap, perilaku dan pengetahuan bagi siswa dan menimbulkan rasa nyaman dan senang bagi siswa ketika proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang terpusat pada satu tema. Dalam kesempatan kali ini tema pembelajarannya adalah rumahku.
Di tema rumahku ini, sasaran-sasaran yang akan dicapai antara lain yaitu:
1. Anak dapat mematuhi nasehat orang tua dan melaksanakan perintahnya yang tidak bertentangan dengan syariat islam.
2. Anak tahu akan peranannya dalam belajar dan akan lebih memiliki budi pekerti dalam melaksanakan berbagai tugas disekolah dan dirumah.
3. Anak akan mampu mengontrol dirinya sendiri dengan memupuk rasa percaya diri dan berani dalam berekspresi baik di dalam kelas ataupun dalam bersosialisasi diluar kelas.
4. Anak dapat menempatkan diri dalam bersikap di lingkungan rumah dan sekolah.
5. Anak dapat menjaga lingkungan yang ada di sekitarnya, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

B. TUJUAN
Adapun tujuan dalam pembelajaran tematik “rumahku” di kelas satu adalah:
1. Siswa mampu dan dapat memahami keseluruhan materi yang berkaitan dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Pkn, Al Islam, dan KTK.
2. Menerapkan dan memantapkan yang berhubungan dengan teori maupun praktik pada peserta anak didik.



C. TARGET
Dalam pembelajaran tematik diriku, target yang ingin dicapai antara lain:
1. Anak dapat mematuhi nasehat orang tua dan menghormatinya.
2. Anak dapat menjaga kebersihan baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah serta di manapun dia berada.
3. Anak dapat saling menghormati sesama teman dan mampu menjaga kerukunan di manapun dia berada.
4. Anak akan tahu apa peranannya dalam belajar dan akan lebih memiliki budi pekerti dalam melaksanakan berbagai tugas disekolah dan dirumah.
5. Anak akan mampu mengontrol dirinya sendiri dengan memupuk rasa percaya diri dan berani dalam berekspresi baik didalam kelas ataupun dalam bersosialisasi diluar kelas.

D. KEGIATAN
Adapun keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan pada tema “rumahku” adalah sebagai berikut.
1. Pembukaan (Rabu, 18 September 2007)
Kegiatannya adalah bernyanyi bersama, unjuk kekompakan yel-yel, menjelaskan kegiatan tematik, menjelaskan contoh produk, dan permainan serta melihat film tentang berbakti kepada orang tua.
2. Pembekalan selama 4 minggu (18 September s.d 26 Oktober 2007)
Kegiatannya adalah pendalaman materi pelajaran. Selama pembekalan terdapat kegiatan modelling dengan mendatangkan perwakilan beberapa wali murid dari siswa kelas 1 untuk memberikan ilmu tentang berbakti kepada orang tua dengan jadwal sebagai berikut:
• Hari Rabu (31 Oktober 2007) pukul 08.30 – 09.30 dilakukan kegiatan modelling untuk siswa kelas 1A dan 1B oleh Ibu Arifin Hidayat (wali murid dari Karina Ailsa Rania 1B)
• Hari Kamis (1 November 2007) pukul 08.30 – 09.30 dilakukan kegiatan modelling untuk siswa kelas 1E dan 1F oleh Ibu Asep Kusnadi (wali murid dari Ghani 1E)
• Hari Kamis (1 November 2007) pukul 10.00 – 11.00 dilakukan kegiatan modelling untuk siswa kelas 1C dan 1D oleh Ibu Rabiatul Adawiyah (wali murid dari siswa kelas 1C)
3. Perencanaan
Kegiatannya perencanaan yaitu pengambilan data, mengetahui apa yang dinilai, dan merancang pembuatan produk.

4. Penyelesain produk tanggal (5-15 November 2007)
Kegiatannya adalah membuat rumah dan menghias rumah
5. Penutupan tanggal 9 November 2007
Kegiatannya adalah pameran karya siswa di depan kelas 1A.


E. PRODUK
Adapun contoh produk siswa dalam pembelajaran tematik rumahku adalah sebagai berikut :






























F. PENUTUP
1. Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan di atas dan pengamatan selama pelaksanaan pembelajaran teamtik rumahku, ternyata memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan belajar siswa. Di mana siswa merasa senang ketika belajar dan bebas dalam mengeluarkan ide-idenya untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus. Siswa merasa mudah dalam belajar, karena semua bidang studi tertuju pada satu tema yaitu rumahku. Selain itu siswa mampu memberikan nasehat dan saling meminta maaf kepada teman serta mampu menjaga lingkungan kelas, rumah dan sekitarnya agar tetap terjaga kebersihannya
Demikian laporan yang dapat kami tuliskan dan untuk membantu kelancaran dan lebih optimalnya kegiatan pembelajaran tematik, kami membutuhkan saran dan kritik yang membangun.
2. Saran/evaluasi
Untuk meningkatkan keoptimalan kegiatan pembelajaran tematik diriku, saran/evaluasi dalam kegiatan pembelajaran tematik diriku antara lain:
Optimalisasi keterlibatan semua ustadz/ustadzah perlu ditingkatkan.
Aktivitas outdoor lebih diperbanyak.
Persiapan untuk setiap kegiatan dalam pembelajaran tematik perlu ditingkatkan.

0 komentar: